Yogyakarta Lempuyangan - Jakarta Pasar Senen

Kereta api Bogowonto adalah rangkaian kereta api ekonomi yang melayani relasi Yogyakarta - Jakarta Pasar Senen pergi pulang. Pertama kali diluncurkan pada Jum'at, 3 September 2010, KA Bogowonto pada awalnya diberangkatkan malam hari hanya dari Kutoarjo, wilayah Daop 5 Purwokerto. Kereta api ini merupakan KA ekonomi pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan fasilitas pendingin udara (AC) dan menggunakan rangkaian gerbong buatan PT INKA. Namanya diambil dari nama Sungai Bogowonto yang melintasi wilayah Kedu, Jawa Tengah.

Untuk kepentingan optimalisasi rangkaian dan pengaturan waktu perjalanan, mulai 1 Maret 2012, KA Bogowonto dijalankan siang hari dan diperpanjang rutenya berangkat dari Stasiun Lempuyangan Yogyakarta. Mulai bulan itu juga, KA Bogowonto mengalami kenaikan tarif seperti halnya KA Gajah Wong. Tarifnya memang lebih mahal daripada kereta api ekonomi biasa, tetapi okupansi penumpang di KA ini sangat baik. Walaupun trayek kereta api ini diperpanjang hingga Yogyakarta, namun KA Bogowonto tetap dikelola oleh Daerah Operasi V Purwokerto, dan tetap menjadi andalan penumpang dari atau ke Daop 5 Purwokerto.

Sesuai Gapeka 2013, KA Bogowonto berangkat pada pagi hari pukul 07.35 dari Yogyakarta menuju Jakarta (Pasar Senen) dan kembali pada malam hari pukul 18.55 dari Pasarsenen menuju Yogyakarta. Sepanjang perjalanan, KA Bogowonto berhenti normal di Stasiun Wates, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Kebumen, Stasiun Gombong, Stasiun Kroya, Stasiun Purwokerto, Stasiun Cirebon Prujakan, dan Stasiun Jatinegara pergi-pulang; kecuali keberangkatan dari Pasar Senen tidak singgah di Jatinegara.

Nama Unik
Kata Sandi
[ Registrasi | Lupa Sandi ]
Pramu Gerai

GTalk
ponggawa [at] gerainiaga [dot] com
s [at] gerainiaga [dot] com
Twitter
AfiliasiTentang

© 2011 - 2017 gerainiaga.co.id

Tampilan Terbaik dengan Menggunakan Mozilla Firefox Versi 5.x.x dan Resolusi 1280 x 1024 Pixels